• 0
  • 0 Rp0.00

    Shopping bag

    • No products in the cart.

KERUGIAN YANG DI TIMBULKAN OLEH SERANGAN RAYAP

KERUGIAN YANG DI TIMBULKAN OLEH RAYAP

Rayap merupakan salah satu organisme yang banyak menimbulkan kerugian bagi manusia. Bentuk kerugian yang dapat ditimbulkan oleh rayap meliputi rusaknya komponen bangunan yang terbuat dari kayu berikut isi bangunan berupa furniture, buku-buku, kain dan surat berharga lainnya. Umumnya bahan yang dapat dirusak oleh rayap adalah bahan yang mengandung selulose. Besarnya kerugian yang ditimbulkan oleh rayap pada tahun 1997 mencapai 2 trilyun rupiah dan pada tahun 2000 meningkat menjadi 3 trilyun.

Pada kondisi yang ideal satu koloni rayap yang memiliki 60.000 pekerja rayap mampu mengkonsumsi habis kayu pinus sepanjang 40 cm berukuran 2×4 cm dalam 118-157 hari (Kamble, 1997). Oleh karena itu rayap mampu menimbulkan kerusakan yang cukup besar pada struktur bangunan gedung dalam kurun waktu hanya 3-8 tahun. Kerusakan kayu akibat serangan rayap secara totalitas sangat besar.

Daerah sebaran rayap di Indonesia meliputi hampir seluruh wilayah Indonesia yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Irian dll. Jumlah spesies yang ada di dunia mencapai 2500 species dan di Indonesia sampai dengan tahun 1970 sudah ditemukan tidak kurang dari 200 Spesies rayap dari berbagai genus (Tarumingkeng, 1971). Beberapa jenis rayap yang berpotensi sebagai perusak kayu pada bangunan gedung di beberapa daerah di Indonesia misalnya di DKI adalah Microtermes inspiratus, M. incertoides, Macrotermes gilvus, Odontotermes javanicus, Schedorhinotemes javanicus, Coptotemes curvignathus dan lain-lain.

Pembagian Kasta

Rayap merupakan serangga sosial yang hidup dalam satu koloni. sebuab koloni rayaap selalu terdiri dari beberapa kasta yaitu kasta reproduktif yang terdiri dari sepasang ratu dan raja, kasta pekerja dan kasta prajurit.

  • Kasta Reproduktif, berfungsi untuk memperbanyak anggota koloni, ratu dari beberapa jenis rayap mampu meletakkan 86.000 telur setiap hari, pada koloni rayap yang kehilangan ratunya maka akan terbentuk ratu pengganti atau neoten.
  • Kasta Pekerja, merupakan anggota terbesar dari sebuah koloni rayap, rayap pekerja selalu sibuk selama 24 jam sehari, bertugas memberi makan anggota koloni lainnya, merawat ratu,menjaga telur,membangun dan memilihara sarang serta mengatur keseimbangan energi di dalam koloni.
  • Kasta Prajurit, bertugas melindungi koloni dari gangguan luar khususnya dari musuh-musuh alaminya misalnya semut,dan rayap dari koloni berlainan.

Ciri-Ciri Adanya Koloni Rayap Di rumah anda

  • Ditemukan adanya liang kembara (tunnel)
  • Terdapat kerusakan pada kayu.
  • Ditemukan adanya laron (hidup/bangkai)

Jika Anda mencari Jasa anti rayap ? Hubungi BALI PEST STRATEGY : 0822-3729-0470 / 0878-4600-0474 (Telp & WA 24 Jam). Teknisi Kami PROFESSIONAL dan AKAN MEMBASMI RAYAP DI RUMAH ANDA HINGGA KE RATU – RATUNYA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Whatsapp